Biro JasaKota Batam
Jasa Pengurusan Dokumen Legal Terpercaya
Hubungi Kami

Mengintip Manfaat Serta Cara Membuat Kartu Keluarga Yang Harus Diketahui

Posted On Senin, 10 Agustus 2020

Kartu Keluarga, bagi masyarakat berkas satu ini bukanlah hal yang asing dan hampir dimiliki semuanya. Entah terjadi penggantian di dalamnya, hingga membuat kartu keluarga yang baru sekalipun tetap harus dilakukan. Terutama bagi seseorang yang baru saja memiliki keluarga sendiri. Untuk mengurus surat ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain mengurusnya sendiri anda juga bisa mengandalkan jasa pengurusan kartu keluarga Batam dan memenuhi syaratnya berikut.

Mengenal Apa Itu KK atau Keluarga

Kartu Keluarga atau yang dikenal dengan KK merupakan kartu identitas yang di dalamnya memuat beberapa data. Mulai dari susunan, hubungan hingga jumlah anggota di dalam keluarga. Dalam prakteknya, KK ini akan dicetak menjadi empat rangkap yang juga akan dipegang oleh masing masing orang. Satu dipegang oleh kepala keluarga, kelurahan, kecamatan dan juga Ketua RT. Keberadaan KK sangat penting dan harus dimiliki oleh semua penduduk Indonesia.

Karena KK nantinya akan digunakan sebagai persyaratan dalam mengurus berkas yang lainnya. Mulai dari akta kelahiran sampai nantinya berkas untuk menikah atau sekolah anak. Untuk itu, jika saat ini anda belum menyempatkan untuk mengurusnya maka harus disegerakan. Selain mengurusnya sendiri, anda juga bisa mengandalkan jasa pengurusan kartu keluarga Batam yang akan membantu anda dalam mengurus berkas penting satu ini.

Manfaat Memiliki Kartu Keluarga

Untuk anda yang hingga kini masih belum menyempatkan, ada baiknya untuk mengetahui manfaat dari KK lebih jauh. Karena dalam prakteknya, kartu ini akan digunakan sebagai syarat dalam kelengkapan dalam mengurus dokumen. Yang paling awal sebagai syarat untuk membuat KTP. KTP atau kartu identitas ini begitu penting. Banyak sekali hal yang membutuhkan menyertakan KTP. Jika tidak ada KK maka anda tidak akan bisa mengurus kartu tanda penduduk ini.

Selain KTP, bagi anda yang memiliki anggota keluarga baru juga harus menyertakan KK untuk membuat akta kelahiran. Kelengkapan dokumen untuk anak masuk sekolah, pembuatan paspor, NPWP pribadi hingga urusan lainnya. Bahkan untuk anda yang ingin mengajukan pinjaman fintech juga harus menyertakan kartu keluarga. Dengan menggunakan jasa pengurusan kartu keluarga Batam, maka anda bisa segera mengurus berkas penting ini.

Persyaratan Yang Perlu Dipenuhi Dalam Membuat KK

Pada dasarnya KK akan mengalami pergantian jika terjadi perubahan anggota keluarga. Baik karena kematian, kelahiran, perceraian hingga pernikahan. Jika ada perubahan tersebut, sebuah keluarga harus melaporkannya paling lambat selama 14 hari saat perubahan itu terjadi. Tidak hanya harus membuat baru, KK yang hilang, rusak maupun terdapat perubahan memiliki syarat yang berbeda.

Untuk pasangan yang baru saja menikah, syaratnya adalah pengantar RT yang telah disetujui dan dicap oleh RW. Setelah itu juga harus melampirkan buku nikah serta surat keterangan pindah bagi yang pindah domisili. Jika terdapat perubahan, surat pengantar ditambahkan dengan akta kelahiran atau kematian serta surat pindah. Dan untuk yang hilang atau rusak maka membutuhkan surat pengantar RT, surat kehilangan dari kepolisian, jika rusak KK lama tetap dilampirkan.

Jangan lupakan juga harus melampirkan fotokopi dokumen kependudukan dari salah satu anggota keluarga. Sementara untuk WNA harus melampirkan fotokopi dokumen keimigrasian. Meskipun anda menggunakan jasa pengurusan kartu keluarga Batam, anda tetap harus menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Dengan begitu maka akan semakin cepat dokumen anda jadi.

Menggunakan jasa pengurusan bukanlah tindakan yang ilegal dan juga diperbolehkan. Jasa ini begitu membantu untuk anda yang tidak memiliki waktu untuk mengurusnya. Mengunjungi kantor pemerintah yang berkaitan tidak bisa selesai dalam satu hari saja. Pastikan jika jasa tersebut memiliki kredibilitas tinggi dan terpercaya. Sehingga anda terhindar dari berbagai kejadian yang tidak diinginkan.

Diberdayakan oleh Blogger.
/

Hubungi Kami

Bida Asri 2 Blok B No.12A
Senin-Jumat (08.00 - 17.00)

Formulir Kontak

Names

Email

Pesan

© Infinity. All Rights Reserved