Biro JasaKota Batam
Jasa Pengurusan Dokumen Legal Terpercaya
Hubungi Kami

Mengintip 5 Manfaat Memiliki Akta Kelahiran Untuk Anak

Posted On Selasa, 04 Agustus 2020

Ada banyak dokumen penting di dalam hidup seseorang, salah satunya adalah akta lahir. Untuk itu, setelah memiliki anak ada baiknya sebagai orang tua anda segera mengurus dokumen satu ini. Namun, saat ini anda tak perlu bingung karena banyak sekali tersedia jasa pengurusan akta kelahiran Batam yang terpercaya. Hal ini tentu saja sangat cocok bagi anda yang masih bingung ataupun tidak memiliki banyak waktu luang. Lantas, apa saja manfaat memiliki akta lahir ini? Simak selengkapnya.

Beragam Manfaat Memiliki Akta Lahir Di Indonesia

1. Sebagai Bukti Identitas Yang Diakui Oleh Negara

Ketika anda melahirkan seorang anak, maka memiliki akta adalah hal penting. Hal ini dikarenakan dengan mempunyai akta dapat menjadi salah satu bukti awal kewarganegaraan dan juga menjadi identitas diri pertama yang dimiliki oleh anak anda. selain itu, dengan memiliki akta lahir dapat menjadi penanda bahwa anak tersebut lahir di negara Indonesia dan telah menjadi warga negara indonesia atau WNI.

2. Dapat Menunjukkan Hubungan Anak Dengan Orang Tua Secara Hukum

Wajib hukumnya bagi anak yang baru lahir untuk segera mengurus akta. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan jasa pengurusan akta kelahiran Batam. Hal ini dikarenakan dengan adanya akta akan membuat anda lebih mudah untuk menunjukkan adanya hubungan hukum antara orang tua dengan anaknya. Pasalnya, di dalam akta kelahiran tersebut disebutkan nama bapak dan ibunya. Sehingga berfungsi sebagai penentu status hukum dari seseorang.

3. Sebagai Syarat Untuk Memasuki Pendidikan

Tak hanya itu saja, ketika anda ingin memasukkan anak ke sekolah TK maka sang anak tentunya harus memiliki akta lahir. Hal ini tidak hanya akan berlaku ketika ingin memasukkan ke bangku taman kanak kanak saja. Akan tetapi, hingga anak mencapai tingkat pendidikan perguruan tinggi, maka ia pun wajib memiliki akta lahir. Karena setiap proses pendaftaran pastinya akan membutuhkan hal tersebut.

4. Sebagai Syarat Untuk Pencatatan Perkawinan

Hal lain yang tak kalah penting dan menjadi manfaat mengapa akta lahir sangat penting adalah untuk mengurus catatan perkawinan. Untuk itu, sebaiknya anda lebih awal telah mengurus akta untuk anak anda. Cara ini pun juga bisa anda lakukan dengan menggunakan jasa pengurusan akta kelahiran batam yang telah terpercaya. Sehingga anda nantinya pun akan lebih aman untuk memakai jasa tersebut.

Hal ini dikarenakan akta lahir sangatlah penting. Sehingga ketika nantinya anak anda ingin menikah pun tidak perlu melakukan pengurusan akta kelahiran. Apabila sejak dini anda telah mengurusnya. Selain itu, hal tersebut pun juga akan mempermudah urusan segala hal yang terkait dengan dokumen negara. Dengan begitu, akta lahir ini memiliki manfaat yang sangat banyak bagi pemiliknya.

5. Salah Satu Syarat Untuk Membuat Paspor

Ketika anda ingin bepergian ke luar negeri, pastinya akan membutuhkan paspor. Sekalipun anda mengajak anak anda yang masih kecil, maka paspor tetap akan dibutuhkan. Untuk itu, di dalam membuat paspor maka anda pun perlu untuk menggunakan akta kelahiran. Saat ini tak perlu bingung di dalam membuatnya, karena anda bisa dengan mudah untuk memakai jasa pengurusan akta kelahiran Batam. Dengan begitu, berbagai urusan anda pun akan lebih mudah dan praktis.

Itulah beberapa manfaat dan fungsi akta lahir. Dengan beragam kegunaan tersebut, maka bisa dipastikan bahwa akta lahir memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan begitu, untuk memudahkan anda di dalam pengurusannya maka anda bisa memakai jasa untuk mengurusnya. Sehingga anda pun akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan akta untuk anak anda.

Diberdayakan oleh Blogger.
/

Hubungi Kami

Bida Asri 2 Blok B No.12A
Senin-Jumat (08.00 - 17.00)

Formulir Kontak

Names

Email

Pesan

© Infinity. All Rights Reserved